PROPOSAL PENGANTAR BISNIS INFORMATIKA

PROPOSAL
Provider Seluler Indosat















Office :

PT. Indosat Tbk
Alamat : Jl. Merdeka Barat No. 21Jakarta - 10110
Telepon : (021) 386 9209
Faksimili : (021) 344 0448
Website : http://www.indosat.com
Bidang Usaha : Jasa Telekomunikasi

PROPOSAL
Provider Seluler Indosat











DAFTAR ISI
PROFIL PERUSAHAAN 4
1. STRUKTUR MANAJEMEN 6
2. VISI DAN MISI 8
3. JENIS DAN PRODUK INDOSAT 9
4. TANGGUNG JAWAB PERUSAHAAN .10


PROFIL PERUSAHAAN
PT Indonesian Satellite Corporation Tbk. adalah sebuah perusahaan penyelenggara jasa telekomunikasi internasional di Indonesia . Indosat merupakan perusahaan telekomunikasi dan multimedia terbesar kedua di Indonesia untuk jasa seluler (Satelindo , IM3 , StarOne ). Saat ini, komposisi kepemilikan saham Indosat adalah: Publik (45,19%), ST Telemedia melalui Indonesia Communications Limited (40,37%), serta Pemerintah Republik Indonesia (14,44%), termasuk saham Seri A. Indosat juga mencatatkan sahamnya di Bursa Efek Jakarta , Bursa Saham Singapura , serta Bursa Saham New York .
Indosat didirikan pada tahun 1967 sebagai Perusahaan Modal Asing, dan memulakan operasinya pada tahun 1969 . Pada tahun 1980 Indosat menjadi Badan Usaha Milik Negara yang seluruh sahamnya dimiliki oleh Pemerintah Indonesia. Hingga sekarang, Indosat menyediakan layanan telekomunikasi internasional seperti SLI dan layanan transmisi televisi antarbangsa.
PT Satelit Palapa Indonesia (Satelindo) didirikan pada tahun 1993 di bawah pengawasan PT Indosat. Ia mulai beroperasi pada tahun 1994 sebagai operator GSM. Pendirian Satelindo sebagai anak perusahaan Indosat menjadikan ia sebagai operator GSM pertama di Indonesia yang mengeluarkan kartu prabayar Mentari dan pascabayar Matrix.
Pada tahun 1994 Indosat memperdagangkan sahamnya di Bursa Efek Jakarta, Bursa Efek Surabaya, dan New York Stock Exchange.
Indosat merupakan perusahaan pertama yang menerapkan obligasi dengan konsep syariah pada tahun 2002. Setelah itu, pengimplementasian obligasi syariah Indosat mendapat peringkat AA+. Nilai emisi pada tahun 2002 sebesar Rp 175.000.000.000,00. dalam tenor lima tahun. Pada tahun 2005 nilai emisi obligasi syariah Indosat IV sebesar Rp 285.000.000.000,00. Setelah tahun 2002 penerapan obligasi syariah tersebut diikuti oleh perusahaan-perusahaan lainnya.
Memasuki abad ke-21, Pemerintah Indonesia melakukan deregulasi di sektor telekomunikasi dengan membuka kompetisi pasar bebas. Dengan demikian, Telkom tidak lagi memonopoli telekomunikasi Indonesia. Pada tahun 2001 Indosat mendirikan PT Indosat Multi Media Mobile (IM3) dan ia menjadi pelopor GPRS dan multimedia di Indonesia, dan pada tahun yang sama Indosat memegang kendali penuh PT Satelit Palapa Indonesia (Satelindo).
Pada akhir tahun 2002 Pemerintah Indonesia menjual 41,94% saham Indosat ke Singapore Technologies Telemedia Pte. Ltd. . Dengan demikian, Indosat kembali menjadi PMA. Pada bulan November 2003 Indosat mengakuisisi PT Satelindo , PT IM3 , dan Bimagraha .
Penjualan 41,94% saham Indosat tersebut menimbulkan banyak kontroversi. Pemerintah RI terus berupaya untuk membeli kembali (buyback) saham Indosat tersebut agar pemerintah menjadi pemegang saham yang mayoritas dan menjadikan kembali Indosat sebagai BUMN, namun hingga kini upaya pemerintah tersebut belum terealisasi akibat banyaknya kendala.
Layanan seluler bagi Indosat merupakan jenis layanan yang memberikan penerimaan paling besar, yakni hingga mencapai 75% dari seluruh penerimaan pada tahun 2006 . Berdasarkan data tahun 2006 , Indosat menguasai 26,9% pasar operator telepon seluler GSM (yakni melalui Mentari dan IM3) dan 3,7% pasar operator CDMA (melalui StarOne).































1. STRUKTUR MANAJEMEN

Presiden Komisaris : Peter Seah Lim Huat
Komisaris Independen :
- Lim Ah Doo
- Eva Riyanti Hutapea
- Soeprapto
Komisaris :
- Lee Theng Kiat
- Sio Tat Hiang
- Roes Aryawijaya
- Sum Soon Lim
- Setyanto P. Santosa
Presiden Direktur : Dr Kaizad B. Heerjee
Direktur Keuangan : Wong Heang Tuck
Direktur Marketing Regional : Wityasmoro Sih Handayanto
Direktur Marketing Jabotabek : Johny Swandi Sjam
Direktur Pemasaran : Wahyu Wijayadi
Direktur Servis Perusahaan: S. Wimbo S. Hardjito
Direktur Jaringan : Raymond Tan Kim Meng
Direktur Teknologi dan Informasi : Joseph Chan Lam Seng

2. VISI DAN MISI

Visi
• Untuk menjadi yang provider telekomunikasi yang terkemuka, yang diintegrasikan sepenuhnya tanpa kawat jaringan di Indonesia
Misi
• Untuk menyediakan dan mengembangkan produk inovatif dan mutu, servis, dan pemecahan, yang menawarkan nilai terbaik kepada pelanggan kami
• Untuk secara terus-menerus menanam nilai pemegang saham
• Untuk memberikan kualitas kehidupan yang lebih baik kepada pihak yang berkepentingan
























3. JENIS PRODUK
GSM Satelindo dan Indosat-M3

• Matrix, kartu pascabayar GSM untuk pengguna eksekutif dan umum
• Matrix Auto, kartu prabayar-pascabayar GSM untuk pengguna eksekutif dan umum
• Mentari, kartu prabayar GSM untuk pengguna umum
• IM3 , kartu prabayar dan pascabayar GSM untuk pengguna muda-mudi dan umum

























4. TANGGUNG JAWAB PERUSAHAAN
Sebagai bentuk komitmen Indosat dalam meningkatkan kesejahteraan hidup masyarakat, Indosat telah melaksanakan berbagai progam yang kami harapkan dapat meningkatkan kehidupan masyarakat Indonesia untuk menjadi lebih baik.

Corporate Social Responsibility yang kami lakukan tidak terbatas hanya pada pengembangan dan peningkatan kualitas masyarakat pada umumnya, namun juga menyangkut tata kelola perusahaan yang baik (Good Corporate Governance). Kepedulian terhadap pelanggan, pengembangan Sumber Daya Manusia, mengembangkan Green Environment serta memberikan dukungan dalam pengembangan komunitas dan lingkungan sosial. Setiap fungsi yang ada, saling melengkapi demi tercapainya CSR yang mampu memenuhi tujuan Indosat dalam menerapkan ISO 26000 di perusahaan.

Penerapan CSR Indosat mencakup 5 inisiatif, yang dilakukan secara berkesinambungan yaitu:



Organizational Governance

Penerapan tata kelola Perusahaan terbaik termasuk mematuhi regulasi dan ketentuan yang berlaku, berlandaskan 5 prinsip: transparansi, akuntabilitas, pertanggungjawaban, interpendensi dan kesetaraan.

Consumer Issues
Menyediakan dan mengembangkan produk dan jasa telekomunikasi yang memberikan manfaat luas bagi pemakainya, layanan yang transparan dan terpercaya.

Labor Practices
Mengembangkan hubungan yang saling menguntungkan antara Perusahaan dan karyawan serta pengembangan sistem, organisasi dan fasilitas pendukung sehingga memberikan manfaat yang sebesar-besarnya bagi Perusahaan.

Environment
Mengembangkan budaya Peduli lingkungan termasuk upaya-upaya nyata untuk mengurangi penggunaan emisi karbon dalam kegiatan perusahaan.

Community Involvement
Ikut mengembangkan kualitas hidup komunitas dalam hal kualitas pendidikan sekolah dan olahraga, kualitas kesehatan, serta ikut serta dalam mendukung kegiatan sosial komunitas termasuk bantuan saat bencana/musibah.

CSR Goal Indosat
Bertumbuh, mematuhi ketentuan dan regulasi yang berlaku serta Peduli kepada masyarakat.

Program CSR di tahun 2008 memiliki tema khusus “Indosat Cinta Indonesia”, yang kemudian pada tahun 2009, tema CSR Indosat berkembang menjadi “Satukan Cinta Negeri” sebagai bentuk refleksi komitmen dan tanggungjawab Indosat sebagai perusahaan di Indonesia yang Peduli atas kesejahteraan masyarakat dan lingkungan, serta upayanya untuk senantiasa berkarya, memberikan manfaat, serta mengajak peran serta seluruh stakeholder untuk mewujudkan bangsa Indonesia yang lebih baik, yang merupakan terjemahan dari keinginan masyarakat pada umumnya untuk terlibat secara aktif dalam berbagai program sosial Indosat.

Program Indosat “Satukan Cinta Negeri” diterapkan melalui berbagai aktifitas antara lain adalah:




Program yang telah dilakukan akan terus berjalan dan ditingkatkan kualitasnya. Seluruh program CSR yang dilaksanakan oleh Indosat akan terus dievaluasi secara berkala agar betul-betul dapat memberikan manfaat kepada masyarakat dan Bangsa Indonesia sesuai CSR Goal Indosat.

Betapapun besarnya masalah yang dihadapi dunia pendidikan, kesehatan, lingkungan serta permasalahan yang dihadapi masyarakat Indonesia pada umumnya, maka setiap langkah nyata yang dilakukan oleh Indosat merupakan tahapan yang berarti untuk menuju masa depan yang lebih baik.

0 komentar:

Posting Komentar

Chat Room




ShoutMix chat widget


Mengenai Saya

Foto saya
gw cuma seorang wanita biasa yang pengen banget ngerasain yang namanya cinta yg tulus,,ya walaupun itu ga mungkin bagi gw saat ini..semoga ja gw bisa memberikan yang terbaik buat orang yang terbaik dlm hidup gw

Pengikut